Web Server


Bagi anda yang baru bergelut dibidang IT tentunya harus memahami apa itu web server dan bagi anda yang sudah lama bergelut dibidang IT tentunya tidak asing mendengar kata – kata web server, secara umum web server terdiri dari dua jenis, yaitu web server gratis dan web server berbayar. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.
Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user. Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya.
Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini.

Berikut adalah beberapa macam web server :
  1. Apache
  2. Nginx
  3. Apache Tomcat
  4. Lighttpd
  5. Microsoft Internet Information Services (IIS)
  6. Litespeed
  7. Jigsaw
  8. Sun Java System Web Service
  9. Zeus Web Server
  10. Xitami
  11. IIS (root)
 Nah diatas adalah 10 Web server yg saya rekomdasikan  karena saya merasa ini yg terbaik dari semuanya dan stabil

mungkin ada tambahan silahkan berkomentar